GEJALA MUNCULNYA JERWAT SAAT MENSTRUASI (HAID) DAN CARA MENGATASINYA.

Sebagian besar kulit perempuan mengalami perubahan sepanjang siklus menstruasi (haid) dan paling terlihat saat menjelang saat menstruasi berlangsung, yaitu pada saat beberapa hormon dalam tubuh melonjak. Hal ini menyebabkan gangguan keseimbangan hormon progesteron, estrogen, dan androgen pada tubuh. Gangguan ini mempengaruhi kondisi kulit sehingga muncul jerawat diwajah.




Sudah menjadi kodrat alam yang dialami perempuan saat mendekati siklus menstruasi (haid), biasanya jerawat itu mulai muncul dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Menurut penelitian dari Archive of Dermatology, sebanyak 63% wanita yang akan menjelang menstruasi (haid) mengalami keluhan timbulnya jerawat diwajah. Menjelang menstruasi pada perempuan, ada ketidakseimbangan hormonal yang terjadi pada tubuh wanita, Hormon estrogen secara tiba-tiba akan menurun drastis serta hormon tak seimbang produksi minyak menjadi berlebihan, kulit pun akan lebih sensitif. 


Dari semua hormon yang dialami saat menjelang menstruasi (haid) tentunya jerawat menjadi tanpa yang paling mencolok karena mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, ada satu hormon yang lebih stabil dibanding dengan kedua hormon yang sebelumnya, yaitu hormon testosteron atau hormon laki-laki. Saat menjelang menstruasi (haid), hormon ini jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan hormon perempuan lainnya.


Sebab itu, butuh perawatan ekstra untuk mencegah atau mengatasi  munculnya jerawat saat menstruasi, Kemudian bagaimana cara mengatasi gejala munculnya jerawat saat menstruasi (haid) yang dialami perempuan. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul saat menjelang menstruasi (haid)  sebagai berikut :

  • Rajin Mencuci Tangan.

Tangan merupakan salah satu anggota badan yang sangat aktif untuk beraktivitas sehari-hari dan sangat mudah terpapar bakteri dan virus. Jika tangan Anda yang kotor menyentuh jerawat yang sedang meradang apalagi memecahkan jerawat saat tangan anda kotor jerawat akan melebar di sekitarnya kemudian jerawat pun akan susah membaik.

  • Menjaga Dan Merawat Wajah.

Mencuci wajah Anda dua kali sehari bisa mengurangi jumlah minyak yang ada di wajah, Coba perhatikan biasanya kapan jerawat muncul sesaat sebelum menstruasi. Kamu dapat mencegahnya dengan mengganti pelembab seminggu sebelum menstruasi supaya mengkonsumsi obat pelancar haid di apotik dan harganya agar saat datang bulan lebih teratur, Kalau biasanya menggunakan pelembab berbahan dasar minyak atau oil-based, coba ganti dengan pelembab yang lebih ringan dan berbahan dasar air. 


Salah satu alasan jerawat lebih mudah muncul saat menstruasi karena banyaknya produksi yang berlebih saat keseimbangan hormon yang terganggu. Jadi, akan lebih baik mencegahnya dengan mengurangi kadar minyak yang ada di produk perawatan kulit seperti pelembab.


BACA JUGA : OBAT JERAWAT SAAT HAID.

  • Berhenti Merokok.

Merokok merupakan faktor penyebab semua jenis jerawat diwajah baik laki-laki ataupun perempuan, Oleh sebab itu kalau bisa berhentilah merokok jika tak ingin jerawat muncul atau semakin membandel. Melalui mengurangi merokok diharapkan kondisi jerawat Anda tidak memburuk saat masa menstruasi (haid). Kemudian minumlah air putih yang cukup juga penting untuk membuat kulit terhidrasi.
  • Siapkan Suplemen Anti Jerawat Saat Menstruasi.

Jika jerawat muncul lebih banyak saat menstruasi, siapkan perawatan kulit yang dapat mengobati dengan cara mempercepat haid paling manjur supaya munculnya jerawat saat menstruasi (haid). Hal ini untuk mengatasi jerawat yang sudah muncul dan mengurangi bekasnya kemudian hari. Pastikan membersihkan wajah dengan benar dan menghapus makeup dengan baik. Coba gunakan produk perawatan kulit yang mengandung tea tree, atau mengkonsumsi obat jerawat isotretinoin yang mampu melawan bakteri penyebab munculnya jerawat saat menstruasi (haid).

  • Jaga Pola Makan.

Saat sedang menstruasi, nafsu makan semakin bertambah. Makanan yang berlemak biasanya akan mempengaruhi kondisi kulit, apalagi yang berminyak dan makanan cepat saji. Karena itu, saat menstruasi perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Ganti makanan yang lebih menyehatkan dan perbanyak sayuran serta buah-buahan, bahkan mengkonsumsi obat jerawat isotretinoin 10mg untuk mencegah jerawat saat menstruasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

HINDARI OBAT YANG BISA MENGAKIBATKAN KEGUGURAN.

FAKTA OBAT PARACETAMOL YANG HARUS ANDA KETAHUI.

APA OBAT PARACETAMOL DAN MANFAATNYA.