CARA MENCEGAH KEHAMILAN TANPA ALAT KONTRASEPSI.

Beberapa pasangan yang sudah menikah mungkin berencana untuk menunda kehamilan, apalagi ditugaskan kerja jauh luar kota bahkan luar negri. Salah satu cara terbaik menunda kehamilan adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi ataupun mengkonsumsi obat pelancar haid cytotec.


Diungkapkan dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Departemen Obstetri dan Ginekologi, RSUD dr.Soetomo, Surabaya, dr.Hari Nugroho, Sp.OG, setelah menikah, Bunda boleh langsung menggunakan alat kontrasepsi seperti minum obat pelancar haid resep dokter walaupun belum pernah melahirkan.




"Pemakaian kontrasepsi tidak terbatas usia sebetulnya. Tidak perlu takut kandungan kering seperti mitos yang tidak benar yang beredar di sekitar masyarakat. Boleh melakukan kontrasepsi segera setelah menikah," terang Hari, dilansir CNN Indonesia.


Begitu pula dengan pemilihan alat kontrasepsi. Kata Hari, metode kontrasepsi itu tergantung kecocokan saat digunakan. Karena belum tentu alat kontrasepsi yang satu bisa cocok pada semua perempuan.


Kemudian di samping itu, ada juga lho cara mencegah kehamilan tanpa alat kontrasepsi. Berikut ini mitos terkait mencegah kehamilan tanpa alat kontrasepsi, dilansir dari berbagai sumber yang kami tahu dari kompetitor lainnya adalah sebagai berikut :

  • Tidak Bisa Hamil Saat Menstruasi.

Meskipun kemungkinannya lebih rendah, Perempuan masih bisa hamil selama menstruasi (haid). Mungkin memang perempuan kurang subur pada beberapa hari pertama saat datang bulan, tetapi kehamilan mungkin saja terjadi. Perlu diketahui juga sperma dapat hidup di dalam tubuh perempuan selama beberapa hari setelah melakukan hubungan seksual.

  • Tidak Bisa Hamil Jika Berhubungan Seksual Di Bak Mandi Air Panas.

Inilah jawaban dr. Damar Upahita: Sangat tidak mungkin bahwa kehamilan akan terjadi jika sperma harus melakukan perjalanan melalui air ke tubuh perempuan. Dalam bak mandi air panas, suhu air atau bahan kimia akan membunuh sperma dalam hitungan detik.

Hubungan seksual di kolam air panas atau kolam renang tidak mencegah kehamilan. Selain itu dapat menggunakan obat aborsi 1 bulan, tidak ada juga posisi hubungan seksual yang mencegah kehamilan.

  • Douching Setelah Berhubungan Seksual Mencegah Kehamilan.

Ini juga mitos ya, Douching atau mencuci vagina dengan air atau cairan lain tidak berfungsi sebagai kontrasepsi. Sperma berenang dengan cepat. Pada saat kita melakukan douche setelah berhubungan seksual, sperma telah masuk ke rahim perempuan kemudian Faktanya, douching dapat mendorong lebih banyak sperma ke atas. Ini juga dapat mempengaruhi atau mencegah kehamilan, akan tetapi dapat meningkatkan risiko infeksi vagina dan infeksi menular seksual.

BACA JUGA : OBAT JERAWAT SAAT HAID.

  • Tidak Bisa Hamil Saat Menyusui.

Peluang wanita menyusui untuk hamil memang lebih rendah, tetapi artinya masih bisa hamil saat menyusui. Menyusui meningkatkan kadar hormon yang menekan ovulasi. Pada 3 bulan pertama menyusui kemungkinan hamil memang sangat kecil. Tapi setelah itu, kita bisa hamil bahkan jika belum menstruasi.

  • Berhubungan Seksual Diluar Masa Subur Menstruasi Bisa Mencegah Kehamilan.

Memang benar bahwa indung telur biasanya melepaskan sel telur satu hari dalam sebulan. Tetapi Bunda juga bisa hamil di hari-hari menjelang ovulasi. Itu karena sperma dapat hidup di dalam tubuh perempuan hingga 5 hari.


Masalahnya, hari ovulasi sering berubah dari bulan ke bulan. Sulit untuk diprediksi kapan cara mempercepat haid yang terlambat. Kita bisa menebak dengan melacak siklus menstruasi, suhu, lendir serviks, dan tampilan serviks kita, ini disebut metode ritme. Tetapi bentuk perlindungan ini hanya berfungsi sekitar 76 persen.

  • Posisi Seks Berdiri Atau Perempuan Diatas Bisa Mencegah Kehamilan.

Dari seberapa orang berpikir bahwa posisi tertentu, seperti berdiri, mencegah sperma memasuki vagina. Tapi bukan ini masalahnya. Sperma berenang dengan cepat melawan gravitasi. Bahkan jika sepertinya ejakulasi akan keluar dari tubuh perempuan, cukup banyak sperma yang bisa masuk dan dapat menyebabkan kehamilan.
  • Mandi Dan Buang Air Tepat Setelah Bercinta Menurunkan Peluang Hamil.

Tidak mungkinlah. Meskipun mandi dapat membasuh air sperma di luar vagina, itu tidak akan mempengaruhi sperma di dalamnya. Sperma ini dapat berenang dengan cepat ke rahim si perempuam. Kencing juga tidak akan membilas sperma. Itu karena kencing tidak keluar dari vagina. Ia meninggalkan tubuh dari uretra, sebuah lubang kecil di atas vagina.

BACA JUGA : OBAT YANG DAPAT DIKONSUMSI SAAT KEHAMILAN.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

HINDARI OBAT YANG BISA MENGAKIBATKAN KEGUGURAN.

FAKTA OBAT PARACETAMOL YANG HARUS ANDA KETAHUI.

OBAT JERAWAT ISOTRETINOIN SAAT HAID.